Tuesday 7 August 2012

Bidadari Vs Wanita Shalihah

Rasulullah SAW bersabda, "Dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah." (HR Muslim)

Lalu siapakah wanita shalihah itu?

"Kalau dipandang menyenangkan hati, kalau diperintah ia taat, kalau ditinggal pergi ia menjaga diri dan harta suaminya."

Imam Ath Thabrany mengisahkan dalam sebuah hadits, dari Ummu Salamah RA, dia berkata, Wahai Rasulullah jelaskanlah kepadaku firman Allah tentang bidadari yang bermata jeli.
Beliau menjawab, "Bidadari yang kulitnya putih, matanya jeli dan lebar, rambutnya berkilau seperti sayap burung nazar"

Saya berkata lagi, jelaskanlah Qs Alwaqiah: 23. Beliau menjawab, "kebeningannya seperti kebeningan mutiara di kedalaman lautan, tidak pernah tersentuh tangan manusia"

Saya berkata lagi, jelaskan kepadaku Qs Ar Rahman: 70. Beliau menjawab, "akhlaknya baik dan wajahnya cantik jelita"

Saya berkata lagi, jelaskanlah kepadaku Qs Ash Shaffat: 49. Beliau menjawab, "kelembutannya seperti kelembutan kulit yang ada di bagian dalam telur dan terlindung kulit bagian luar, atau disebut putih telur.

Saya berkata lagi, jelaskanlah Qs Al Waqiah: 37. Beliau menjawab, "mereka adalah wanita yang meninggal di dunia pada usia lanjut, dalam keadaan rabun dan beruban. Itulah yang dijadikan Allah tatkala mereka sudah tahu, Lalu Allah menjadikan mereka sebagai wanita gadis, penuh cinta, bergairah, mengasihi dan umurnya sebaya"

Saya bertanya, Wahai Rasulullah, manakah yang lebih utama, wanita dunia ataukah bidadari bermata jeli?
Beliau menjawab, wanita dunia lebih utama daripada bidadari, seperti kelebihan yang tampak dengan yang tidak tampak.

Saya bertanya, karena apa mereka lebih utama?
Beliau menjawab, "karena shalat, puasa, dan ibadah mereka kepada Allah. Allah meletakkan cahaya diwajah mereka, tubuh mereka adalah kain sutera, kulitnya putih bersih, pakaiannya berwarna hijau, perhiasannya kekuningan, sanggulnya mutiara dan sisirnya emas. Mereka berkata, kami abadi dan tidak mati, kami lemah lembut dan tidak jahat, kami mendampingi dan tidak beranjak sama sekali, kami ridha dan tidak bersungut sama sekali. Berbahagialah orang yang memiliki kami dan kami memilikinya"

No comments:

Post a Comment