Tuesday 7 August 2012

PKD hari pertama di RS Haji Pondok Gede

First day di RSHJ Pondok Gede sangat memorable. bayangin aja, saya hampir pingsan sampe 2x, padahal masih pagi banged jam 09.30an gitu lho. hufttt..

Seperti biasa, pagi2 saya dianter oleh ayah saya sampai slipi jaya, tapi yang tidak biasa adalah tujuannya, hari ini dan hari selasa selama dua pekan ke depan saya akan praktik klinik dasar ke RS Haji Pondok Gede, Jak-Tim. Dan pagi ini adalah hari pertama saya mengetahui dan masuk ke RSHJ karena belum pernah datang kesana sebelumnya, untung aja gak nyasar. ahhamdulillah..

Sampai RSHJ saya dan teman2 langsung orientasi dan menempati ruangan yang dibagikan. nah, saya dapet Ruang Musdalifah (nama-nama ruangannya keren2, ada musdalifah, syifa, afiah, dll. bagus juga buat jadi pilihan nama buat anak nanti. haha..). waktu baru masuk ruangan itu, berasa seneng deh coz perawatnya ramah-ramah n ada perawat yang lulusan FIK UI juga. terus juga kesan pertama masuk, RS nya keren, indah, bersih, luas, dll.

Ini dia klimaks untuk hari ini. jam 09.30an saya dan ncel (teman 1 kelompok) ikut dengan perawat untuk membersihkan luka post operasi Fibrioadenoma. sebelumnya seneng banged bisa ikut karena bisa belajar membersihkan luka dengan teknik steril. terus setelah balutan lama di buka, saya pun melihat lukanya. agak merinding karena saya lihat bagian atas mamae nya ada luka insisi (luka bedah). perawat tersebut pun membersihkannya dengan hati-hati. awalnya saya lihat respon pasien (Nona R, 17 tahun) agak meringis kesakita. tetapi setelah itu perawat tersebut menekan luka tersebut dengan hati-hati untuk mengeluarkan gumpalan darah kotor berwarna hitan kental, spontan pasien merasakan nyeri luar biasa dan berteriak kecil kesakitan.

aku melihat wajah pasien dengan iba dan seperti merasakan nyerinya, aku juga kesakitan. tiba-tiba saja kepalaku pusing hebat, badan terasa dingin, dan seperti ingin jatuh. aku langsung keluar ruangan dengan tergopoh-gopoh dan berjalan dengan tidak seimbang. setelah di nurse station aku langsung duduk dilantai. aku merasakan sangat dingin di muka dan badan, sangat lemas, badan gemetar, pusing dan banyak bayangan hitam. benar-benar gak kuat. selama kurang lebih lima menit aku seperti itu. setelah itu temanku, siti langsung menghampiriku. akupun mulai pulih walaupun masih merasa lemas dan kedinginan. aku bercermin dan kulihat aku sangat pucat.

10 menit kemudian temanku ncel sudah ada di nurse station. akupun bertanya tentang keadaan tadi dan menceritakan keadaanku sehingga aku keluar meninggalkannya saat pembalutan luka. temanku itu sungguh kuat mampu berada disana sampai selesai.

jam 10.00 WIB, saya pun kembali praktek. ditemani ncel juga saya memeriksa TTV (tanda2 vital) seperti mengukur tensi, mengukur suhu, nafas, nadi dan berkenalan dengan para pasien. nah, hampir pingsan lagi saat ngukur tensi Nn R, setelah ngukur tensi beliau dan berbincang-bincangdengan ibunya mengenai lukanya Nn R, timbullah perasaan itu lagi, kepala pusing dan berputar-putar. langsung aja saya pamit dengan ibu pasien yang sedang asyik bercerita, saya lalu berjalan meninggalkan ruangan dan berjongkok di nurse station. hufttt.. bener-bener gak enak deh :'(

walaupun begitu tapi saya jadi mengetahui banyak hal hari ini. saya memberikan obat inhalasi dan nebulizer, menyuapi nenek musmunah makan dan lain2. pokoknya hari ini dapet banyak pengalaman deh. alhamdulillah :)

No comments:

Post a Comment