Thursday 9 August 2012

Rofiq

Rofiq.. 

Aku belum pernah melihatnya secara langsung, belum mengenalnya, ataupun berinteraksi dengannya, tapi cukup dengan mendengar cerita tentangnya, aku sudah kagum. 

Ia adalah adik laki-laki Ustadzah Aminah (hafidzah, pengajar di RQ). Usianya 23 tahun, 2 tahun lebih tua dari aku. Sama seperti kakanya, Rofiq juga sudah hafidz. Ia tinggal di Makasar untuk belajar alQuran dan melakukan pengobatan herbal. 

Dengan berlinang airmata Ustadzah cerita, Rofiq menderita rabun senja dan kelainan pada mata. Sewaktu kecil ia di vonis oleh dokter akan buta. Selain itu, ia juga menderita beberapa penyakit lain. Tapi Rofiq adalah anak yang kuat. Tak ada keluhan, hanya ada kesabaran. Masih dengan airmata yang menetes, ustadzah cerita bahwa Rofiq ingin menikah. Tapi penglihatannya sekarang semakin buruk. Sudah sangat sulit untuk melihat. 

Walaupun banyak kekurangan fisik yg ia alami, semangat belajarnya sangat tinggi. Ia adalah murid yg cerdas. Ia juga sangat lurus. Sangat sayang kepada orangtua dan keluarga. Pernah ustadzah cerita, saat itu Rofiq diberi uang 200ribu untuk sebulan. Ia memakai uang tersebut untuk bayar listrik, air dan memberikan keponakan-keponakannya hadiah. Dan sisa uangnya dikembalikan kepada kakanya. Selain itu, ustadzah juga cerita. Kalau Rofiq sedang menelpon, Pasti yang ditanyakan dan dipesankan Rofiq adalah shalat jamaah. Ia berpesan kepada ayahnya untuk selalu shalat jamaah. 

Tepat malam Rabu kemarin, tanggal 20 Maret, Rofiq meninggal. Ia sakit. Tapi disaat kritisnya, disaat kebanyakan orang sangat susah untuk bersyahadat, ia justru melantunkan Qs Al Baqoroh. Selesai melantunkan ayat 284, ia pergi ke pangkuan Rabb nya. Kurang 2 ayat lagi.. 

Teringat hadits Nabi, Posisi kita di Akhirat adalah pada ayat terakhir yang kita baca. Dan ketika aku lihat quran terjemah, subhanallah. Semoga ampunan Allah kepadanya.. 

"Milik Allah-lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Jika kamu nyatakan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu sembunyikan, niscaya Allah memperhitungkannya bagimu. Dia mengampuni siapa yg dikehendaki dan mengazab siapa yg dikehendaki. Allah maha kuasa atas segala sesuatu" (QS 2: 284)

No comments:

Post a Comment